Jumat, 27 April 2012

Contoh Pelanggaran Etika Di bidang Teknologi

Di era yang modern ini masih banyak sekali pelanggaran-pelanggaran etika yang di lakukan oleh banyak orang yang dimana pelanggaran tersebut pasti nya sangat merugikan banyak pihak. Selain itu sekarang juga banyak sekali muncul perangkat dan sistem yang canggih untuk melakukan hal-hal yang kurang baik di bidang teknologi. Maka dari itu saya akan memberikan contoh pelanggaran etika yang ada di bidang teknologi.
* Etika Di Jejaring Sosial
Teringat dengan beberapa kasus yang muncul belakangan ini mengenai masalah yang timbul disebabkan status di twitter,facebook,dan lainnya, maka sudah sepatutnya kita memahami bagaimana seharusnya mengambil hikmah pelajaran di balik itu semua. Karena kita sebagai konsumen atau pengguna jaringan sosial tersebut kita perlu memahami etika dalam menggunakan sarana-sarana tersebut bila tidak ingin terjerat dalam masalah atau kasus yg lebih rumit.
Kali ini muncul beragam kasus yang berkaitan dengan pemasangan status di situs jejaring sosial Facebook & Twitter. Dari berita-berita yang telah saya lihat dan dengar beberapa contoh nya yaitu , Gara-gara facebook 4 murid sekolah dikeluarkan dari sekolahnya, gara-gara facebook pula seorang gadis diculik oleh teman dari facebooknya sendiri, selain itu juga terjadi perselisihan antara marissa haque dan keluarga nya Adi.Ms di twitter yang menjadi konsumsi publik. Lalu status-status lainnya di facebook yang kerap menimbulkan pertengkaran dan perselisihan baik antar teman,pacar,maupun pihak-pihak tertentu. Itulah sisi negatif dari kebebasan berekspresi yang mudah melalui internet dan diketahui oleh banyak orang. Seberapa bebas atau emosinya kita berekspresi melalui fasilitas-fasilitas itu semua, kita tetap harus memperhatikan etikan dalam jejaring sosial tersebut. kita pun juga harus bisa mengatur tutur kata marah kita itu ke bahasa yg lebih beretika. Ketahuilah bahwa pemasangan status di FB,Twitter,dll adalah cerminan dari diri kita, sifat kita, bagaimana cara kita melampiaskan emosi, maka berhati-hatilah terhadap itu semua.

=> Solusi : berstatus rialah di situs jejaring sosial tersebut dengan etika yang baik, Jaga emosi, Jangan menggunakan SARA, dan jangan saling sindir-menyindir. Kita harus menjunjung tinggi etika dalam berkomunikasi di jariangan sosial tersebut. Apabila kita melanggar maka kita akan mendapatkan akibatnya.

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/04/contoh-pelanggaran-etika-di-bidang-tekhnologi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar